Beranda > Sosbud > ….. as …..

….. as …..

Semar, Gareng, Petruk dan Bagong adalah sebagaian dari tokoh-tokoh utama dalam dunia pewayangan. Layaknya tokoh dalam dunia nyata, mereka memiliki tujuan hidup dan masing-masing mengemban misi yang berbeda. Sebagian orang percaya, bahwa karakter mereka (baca: dunia fiksi) dan nama yang disandangkannya memiliki hubungan yang erat dengan tujuan serta misi yang diembannya.
Dalam komunitas tertentu, khususnya pesantren, wayang kulit dipercaya gubahan dari wayang golek (dan sejenisnya) yang dilakukan oleh mbah Sunan Kalijaga. Hal ini terkait dengan ideologi keagamaan yang diyakini oleh beliau, bahwa manusia tidak boleh menciptakan sesuatu yang menyerupai dengan ciptaan Tuhan. Dengan kata lain, manusia “dilarang” membuat sesuatu yang menyerupai makhluk hidup secara utuh, sebab kelak ciptaan tersebut akan menuntut untuk dihidupkan (meminta ruh) kepada pembuatnya. Sedangkan selain Tuhan, tidak ada yang bisa memberi otoritas kehidupan kepada makhluk lain. Bahkan beberapa nama tokoh pewayangan diyakini diciptakan oleh beliau (mbah Sunan Kalijaga) juga.
Seperti halnya empat tokoh di atas, jika diraba dari segi ideologi keagamaan dan kebahasaan, konon mereka merupakan satu kesatuan dari kalimat berbahasa Arab yang berbunyi:
سَمِّرْ عَلَى خَيْرِ فَاتْرُكِ الْبَغَى (sammir ‘ala khoiri fatruk al-bagho)
Yang artinya “bergegaslah pada kebaikan dan tinggalkan perkara yang sia-sia”. Dari kalimat di atas tersebut kemudian lahirlah Semar dari kata sammir, Gareng dari kata khoiri, Petruk dari kata fatruk, dan Bagong dari kata al-bagho. Akhirnya, Skenario dibuat, cerita dikisahkan, dan kita melupakan apa di balik tokoh-tokoh tersebut, kita hanya menikmati cerita dan cerita.***

Kategori:Sosbud Tag:, , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: